Pengertian Android - Arti dan Definisi Android

Apa pengertian Android itu? Berikut artikel tentang arti dan definisi Android. Kata android berasal dari perusahaan yang menciptakan system operasi tersebut yaitu android inc yang kemudian perusahaan tersebut di beli oleh google dan berganti nama yang sebelumnya adalah android market menjadi google play, dan juga dikenal lambang android di Indonesia menjadi si robot hijau. System operasi (OS) adalah salah satu software ponsel, smartphone atau pc tablet yang bersistem operasi dengan basis limux. Pada system operasi ini, pengguna system android dapat mengembangkan atau menciptakan aplikasi yang diinginkan, selain itu juga dapat digunakan pada bermacam -macam piranti bergerang yaitu dengan hanya memanfaatkan platform terbuka.

Pada awalnya, google inc membeli perusahaan android inc. untuk mengembangkan system operasi tersebut maka google inc membentuk Open Hendset Alliance, yaitu suatu kerjasama antara perusahahan-perusahaan piranti lunak, piranti keras, dan telekomunikasi yang berjumlah 34 perusahaan. android di rilis pada tanggal 5 november 2007, pada saat perealisan tersebut, amdroid inc dengan Open Hendset Alliance mendukung untuk mengembangkan standart terbuka pada perangkat seluler. di lain tempat, google dibawah naungan lisensi appache mengeluarkan kode - kode android.

Hingga saat ini distributor sistem operasi android yang terkenal di dunia ada dua, yaitu google atau Google Mail Services (GMS) dan Open Hendset Distribution (OHD). pada september 2007, google mengajukan hak paten untuk sistem operasi android yang disertai dengan perealisan Nexus One yang kemudian dipasarkan pada tahun 2010. pada sisi yang lain open hendset alliance, mengeluarkan produk perdananya berupa perangkat mobile yang merupakan modifikasi dari karnel linux 2.6. 

Ponsel pertqama yang menggunakan sistem operasi berbasiis android adalah HTC Dream yang direalis pada 22 oktober 2008. sampai sekarang sistem operasi android masih dalam pengembangan dan pembaharuaan fitur - fitur yang lebih canggih. Demikian sekilas tentang arti definisi dan pengertian Android, semoga bermanfaat.